Rumus CountIF adalah fungsi yang ada pada Microsoft Excel yang digunakan untuk menghitung berapa banyak data menggunakan kriteria/syarat/kondisi yang dapat ditentukan sendiri.
=COUNTIF(RANGE;CRITERIA)
* RANGE merupakan sekelompok cell yang akan dihitung jumlah data nya.
* CRITERIA merupakan kriteria/syarat/kondisi yang ditentukan, atau bisa juga disebut sebagai syarat data yang akan dihitung jumlah nya.
Contoh :
Rumus fungsi SUMIF merupakan gabungan dari 2 fungsi Excel yaitu SUM dan IF. SUM berguna untuk melakukan penjumlahan dan IF berguna untuk menentukan kondisi TRUE dan FALSE. Rumus SUMIF diunakan untuk melakukan penjumlahan dengan kriteria tertentu. Kalian dapat menggunakan rumus SUMIF untuk menentukan nilai rentang yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan.
=SUMIF(RANGE,CRITERIA,[SUM_RANGE])
- RANGE merupakan rentang sel yang akan kamu evaluasi menurut kriteria. Sel disetiap rentang harus merupakan angka, atau nama, array, atau referensi yang berisi angka. Rentang yang dipilih dapat berisi tanggal dalam format Excel standar.
- CRITERIA dalam bentuk angka, ekspresi, referensi sel, teks atau fungsi yang menentukan sel mana yang akan ditambahkan. Kriteria tes atau kriteria apapun yang mencakup simbol logika atau matematika harus disertakan dalam tanda kutip ganda("..."). Jika kriteria adalah numerik, maka tanda kutip ganda tidak dibutuhkan.
- SUM_RANGE (OPTIONAL) merupakan sel aktual yang ditambahkan, jika kamu ingin menambahkan sel yang lain dari yang sudah ditentukan dalam argumen rentang. Jika argumen SUM_RANGE dihilangkan, Excel menambahkan sel yang ditentukan dalam argumen range (sel yang sama dimana kriteria ditetapkan).
Contoh


Tidak ada komentar:
Posting Komentar